Kamu Harus Tahu, 5 Alat Survival Wajib Buat Para Pendaki

Posted on

Nah, buat kamu para pendaki atau calon pendaki, 5 alat survival ini wajib kamu bawa.

  1. Trekking Poles

Memang sih nggak semua gunung perlu kamu daki dengan menggunakan trekking poles. Tapi ketika kamu memakai trekking poles saat naik gunung, kamu bakal ketolong ketika di jalannya yang nanjak banget. Beban tubuhmu yang kedorong kedepan bakal ditumpu sama ini alat. Alhasil, kamu nggak bakal ngeluarin tenaga yang begitu banyak. Selain itu, kamu juga bisa make trekking poles buat bawa sampah atau barang-barang kecil lainnya.

  1. Multi Tools

Multi tools menjadi barang yang paling wajib kamu bawa. Kenapa? Soalnya multi tools bakal nolong kamu ketika kamu mesti gali tanah buat bikin perapian. Nah, kebanyakan orang nggak bikin lobang ketika bikin perapian. Alhasil api ketiup angin dan terjadi kebakaran. Selain itu, trekking poles juga bisa kamu pakai buat motong ranting yang bisa dipakai buat bikin penangkal petir. Buat tips ini nanti dibahas di lain waktu.

  1. Tissue Basah

Banyak orang yang merasa jijik ketika musti naik gunung dan buang air besar. Nah, fungsi dari tissue basah ini adalah dipakai untuk kamu yang merasa aneh ketika buang air besar dan dilap dengan daun. Alternatif alat untuk survive di hutan ini wajib kamu bawa lho ya. Selain itu, kamu bakal ketolong ketika memakai tissue basah sebagai cara mudah untuk menghemat air. Jadi kamu nggak perlu mandi. Simpel kan?

  1. Water Bladder

Beberapa gunung udah nerapin larangan buat kamu yang suka bawa air minum dalam kemasan (AMDK). Pasalnya banyak pendaki yang tidak benar-benar mencintai lingkungan. Dampaknya ya gitu, sampah berserakan dimana-mana ketika kamu lagi naik gunung. Nah, untuk mengatasi permasalahan itu, dibikinlah perda untuk para pendaki supaya bawa botol minum sendiri. Buat kamu yang nggak mau ribet, tenang aja karena sekarang udah ada tempat air yaitu water bladder yang berukuran 1,5 liter – 3 liter.

  1. Kacamata Hitam

Di atas itu panas banget jadi kamu mesti pakai pengaman ketika mau menghindari sengatan matahari yang begitu terik. Selain itu, kamu juga mesti bawa alat lain seperti masker atau topi. Tapi yang wajib kamu bawa itu kacamata. Teriknya matahari bakal ngalangin pandanganmu. Kamu nggak mau kan sampai kamu kepleset karena kena terik matahari? Kacamata dipakai buat keselamatanmu kok dan bukan untuk gaya-gayaan.